Apr 13, 2011

Suzuki Hayate 125




Suzuki Hayate 125 yang memang direncanakan sebagai pengganti Skywave kini  telah hadir.
Secara garis besar memang asli dari Suzuki Skywave. Kontruksi mesin keseluruhan asli diambil dari Suzuki Skywave, sangat tampak jelas terlihat juga dari box Air Filter motor tersebut.
Meskipun desain rangka Suzuki Hayate tertutup oleh body, sangat yakin rangka tersebut di adopsi dari Suzuki Skywave terlihat jelas bagian tengan terlihat menonjol layaknya Suzuki Skywave dan tidak seperti umumnya motor matic lainnya.
Kontruksi Shockbreaker belakang asli masih layaknya Suzuki Skywave, ganda. Jadi wajib untuk kemudahan perawatan ban menggunakan ban Tubeless. Maklum kalau mau ganti ban dalam harus copot knalpot dan arm samping roda belakang.
Pijakan motor tersebut juga masih mengadopsi dari ukuran ring velg 16” nya Suzuki Skywave tidak seperti halnya Suzuki Spin.
Rem depan adopsi dari Skydrive dan Spin, hanya menggunakan piston tunggal, tidak seperti halnya Skywave yang ganda, bisa dipastikan performa pengereman tidak se-pakem Skywave.
Adopsi ruang bagasi juga masih seperti Suzuki Skywave, ruangan bisa menyimpan helm ukuran full face.
Total perubahan pada motor ini pada desain Body, tampak depan motor ini terlihat sepintas seperti Suzuki Skydrive dan sangat terlihat dari desain spakbornya.
Sedangkan dari bagian tengah sampai belakang dibuat tampak terlihat lebih soft, tarikan garis tidak terlalu kaku tapi terlihat lebih dinamis. Lampu stop dibuat lebih bulat dan lampu sein terlihat lebih unik.
Peruhan lain pada motor ini dimana lampu depan (head lamp) akan otomatis menyala saat motor dihidupkan, Suzuki sudah menerapkan kewajiban undang-undang lalin untuk menyalakan head lamp meskipun pada siang hari, Suzuki sudah mengurangi pelanggaran lalin Karena pengemudi lupa menyalakan head lamp pada siang hari, bravo lah Suzuki.

Dimensi
Panjang x lebar x tinggi (mm) 1925x670x1070
Wheelbase (mm) 1285
Ground clearance (mm) 140
Bobot kendaraan (kg) 113
Rangka
Tipe Underbone Suspensi depan Telescopic, pegas ulir, peredam oli Suspensi belakang Lengan ayun, tabung ganda, pegas ulir, peredam oli Rem depan Cakram hidrolik Rem belakang Tromol
Ban depan 70/90-16M/C 36P Ban belakang 80/90-16M/C 43P
Transmisi
Kopling Dry, otomatis, tipe sentrifugal Sistem penggerak CVT dengan V-belt
Mesin
Jenis 4-stroke, SOHC Sistem pendingin Air cooled Jumlah silinder 1
Langkah piston 55,2 mm
Kapasitas silinder 124 cc
Rasio kompresi 9,6:1
Tenaga 9,6 hp @ 8000 rpm Torsi 9,8 Nm @ 6000 rpm
Karburator Mikuni BS 26
Filter udara Elemen kertas
Sistem starter Listrik & engkol Kelistrikan
Pengapian DC CDI (digital)/spark ignition
Tipe busi NGK C6HSA/ND U20FS-U
Kapasitas Bagasi bawah jok 17,7 liter
Tangki bensin 5 liter
Oli mesin penggantian 1000 ml
Oli mesin pembongkaran 1200 ml

Baca Juga Artikel Terkait



No comments: