Jun 25, 2020

mesin atau engines

Mesin mobil sebenarnya bukan suatu alat yang menghasilkan tenaga, melainkan suatu alat yang dapat mengkonversikan/mengubah energi kimia menjadi energi mekanis. Tidak percaya? Mari kita lihat paparan dibawah ini.

Awal dari kendaraan kenapa bisa bergerak sebenarnya dihasilkan dari ledakan-ledakan yang teratur dan terkendali dari suatu campuran kimiawi, dalam hal ini campuran bensin dan udara. Ledakan tersebut mendorong torak/piston dalam mesin sehingga menghasilkan gerakan transalasi, gerakan transalasi ini kemudian di ubah menjadi gerakan rotasi oleh poros engkol, putaran poros engkol ini kemudian diteruskan ke sistem kopling ke sistem transmisi yang akhirnya ke bagian roda.

Sebenarnya sebuah mesin tidak sesederhana seperti apa yang dipaparkan di atas, banyak sekali komponen pendukung dari sebuah mesin yang menjadikan suatu energi yang terkandung dalam suatu campuran kimia bisa diubah menjadi energi mekanis atau gerak yang teratur dan terkontrol, sehingga kendaraan tersebut dapat membawa kita ke tempat yang ingin kita tuju.

Baca Juga Artikel Terkait



No comments: